PROFIL

Sejarah Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia,

Didorong oleh adanya keinginan luhur dan sadar akan peranan, kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai warga negara serta dilandasi oleh tridarma perguruan tinggi untuk membentuk himpunan mahasiswa kesehatan masyarakat se–Indonesia dalam suatu wadah yang berfungsi sebagai suatu sarana untuk bertukar pandang dan pikiran guna memecahkan persoalan-persoalan yang timbul didalam masyarakat dan dunia ilmiah, khususnya dalam pembangunan kesehatan nasional yang semakin kompleks di wilayah negara Republik Indonesia sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu kesehatan masyarakat . Yakin sepenuhnya bahwa pengabdian dan perjuangan mahasiswa kesehatan masyarakat Indonesia hanya dapat berhasil berkat rahmat dan hidayah Tuhan Yang Maha Esa serta usaha yang teratur, tearah dan terencana maka lahirlah ide yang mengilhami kami untuk secara tulus dan ikhlas menghimpun diri didalam suatu ikatan yakni Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia yang selanjutnya disingkat ISMKMI.

Untuk mewujudkan ide tersebut bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan lebih dari sekedar kerja keras yang melelahkan dalam waktu yang cukup panjang. Atas inisiatif dari senat mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Hasanuddin, maka mulailah direalisir rencana tersebut tahap demi tahap. Mula-mula SEMA FKM Unhas mengirim dua orang utusannya pada pertengahan tahun 1989 sebagai langkah awal dalam mengadakan penjajakan pembentukan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia. Utusan tersebut masing-masing sahabat Andi Mansur dan sahabat Fachruddin yang mengadakan kunjungan kampus keberbagai univesitas yang membina FKM dan PSKM. Dari kunjungan kampus di Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Airlangga Surabaya diperoleh hasil yang sangat memuaskan serta adnya dukungan dari mahasiswa FKM dan PSKM-FK mengenai rencana pembentukan tersebut.

Maka pada akhir tahun 1989, kurang lebih 25 orang mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Hasanuddin kembali mengadakan pertemuan dan seminar ilmiah di FKM-UI, PSKM FK-UNDIP, PSKM FK-UNAIR, FK UDAYANA, FK UGM dalam mkisi studi perbandingan Jawa-Bali yang tujuanny7a tiada lain untuk mencari persamaan persepsi baik terhadap mahasiswa kesehatan masyarakat maupun terhadap mahasiswa kedokteran untuk kelancaran rencana pem,bentukan ikatan senat yang dimaksud. Pada tahun 1990 SEMA FKM Unhas mengutus kembali dua orang yaitu sahabat Lukman Waris dan sahabat Asriful untuk sesegera mungkin mengadakan kunjungan dikampus PSKM FK-USU, PSKM FK-UNDIP, PSKM FK-UNAIR, dan FKM UI guna mengadakan konfirmasi waktu dan tempat pelaksanaan Musyawarah Nasional I Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (MUNAS I ISMKMI).

Dari hasil-hasil pertemuan yang diadakan diberbagai tempat tersebut, maka diperoleh kesepakatan bahwa semua PSKM dan FKM yang ada di Indonesia membebankan tanggung jawab kepada SEMA FKM Unhas sebagai pelaksana Munas I ISMKMI di Ujung Pandang (sekarang Makassar). Pada pertengahan tahun 1991 terbentuklah p-anitia pelaksana Munas I ISMKMI dari Senat Mahasiswa FKM Unhyas. Maka mulailah direalisasikan rencana tersebut dengan terlebih dahulu mengutus dua orang panitia, yaitu sahabat Andi Mansur dan Sahabat Lukman Waris keberbagai Universitas yang membina FKM dan PSKM guna mengkonfirmasikan waktu dan teknis pelaksanaan Munas I ISMKMI. Akhirnya dari konfirmasi bersama disepakati bahwa Munas I ISMKMI akan dilaksanakan pada tanggal 23-26 Desember 1991 di Ujung Pandang.

Pada tanggal 21-22 Desember 1991 telah diadakan rapat pendahuluan yang diberi nama Pra Munas I ISMKMI yang dihadiri oleh :
1. Senat Mahasiswa FKM Universitas Indonesia yang diwakili anatara lain oleh Bambang K., Jamaluddin Insan, Ede Surya Darmawan dan Dono Widiatmoko.
2. Senat Mahasiswa PSKM FK Universitas Airlangga yang diwakili antara lain oleh Henny Kushardiani, Andik Ochman, Nurmah Indrajati, dan Bagus Widianto
3. Senat Mahasiswa FK Universitas Diponegoro yang diwakili anatara lain oleh Nurul Hilal, Carol Constantia, Heru Pujiono, dan M. Khoitul Hidayat.
4. Senat Mahasiswa FKM Universitas Hasanuddin yang diwakili antara lain oleh Ilyas, Asriful, Marwan Baits, dan Aminuddin Syam.

Dalam pertemuan yang diwarnai suasana persudaraan dan keakraban, maka lahirlah rumusan :
1. Tata Tertib Munas I ISMKMI
2. Agenda Acara Munas I ISMKMI
3. Tata Tertib Persidangan Munas I ISMKMI

Peserta pertemuan ini dihadiri o0leh semua SEMA FKM dan PSKM-FK se-Indonesia, kecuali PSKMJ FK-USU. Sebagaimana pertemuan-pertemuan lainnya, pertemuan ini diwarnai dengan perbedaan pendapat dan adu argumentasi, namun dengan semangat kekeluargaan, perbedaan tersebut masih tetap berlangsung dalam batas kewajaran dan tidak mengarah kepada perpecahan dan pertentangan. Pada akhirnya semua ddelegasi yang mewakili FKM dan PSKM se-Indonesia yang hadir memutuskan :
1. Menyetujui usulan proyek panitia pelaksana dan siap melaksanakan Munas I ISMKMI di Ujung Pandang
2. Menyusun Draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ISMKMI
3. Menyempurnakan Tata Tertib Munas I ISMKMI dan tata tertib persidangan seerta Agenda Acara Munas I ISMKMI

Sehingga pada Munas pertama tersebut terpilihlah Saudara Asriful sebagai Sekretaris Jenderal ISMKMI yang pertama untuk periode 1991-1993 dan selanjutnya untuk menghormati perjuangan sahabat-sahabat perintis ISMKMI lainnya, maka tanggal 24 Desember diperingati sebagai hari lahirnya ISMKMI.

Tujuan Umum Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia,

"Menjalin persatuan dan kesatuan antar Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia dalam raangka pembinaan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia sebagai insan yang menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu kesehatan masyarakat"

Tujuan Khusus Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia,

1. Meningkatkan kepekaan dan peranan Senat mahasiswa Kesehatan Masyarakat dalam mengkritisi pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan kesehatan masyarakat pada khususnya
2. Meningkatkan peran aktif dalam upaya promotif dan preventif demi mencapai masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat dan produktif

Tugas Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia,

1. Membina Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Membina Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang berwawasan ilmiah dan sosial kemasyarakatan.
3. Membina dan menciptakan komunikasi yang baik dan berkelanjutan antar Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia.
4. Mengembangkan potensi kritis, inovatif, kreatif dan keilmuan.
5. Menjalin dan membina hubungan kerja sama yang baik dengan alumni mahasiswa kesehatan masyarakat se-Indonesia secara kekeluargaan.
6. Melakukan upaya-upaya advokasi terhadap masalah-masalah kesehatan masyarakat di Indonesia.
7. Menjalin dan membina hubungan kerjasama yang baik dengan organisasi atau institusi lain yang terkait baik dalam maupun luar negeri.

STRUKTUR

Struktur Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

SEKERTARIS JENDRAL

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

Mustofa Abdul Latif

SEKJEND 2017-2019

PENGURUS

Pengurus Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

Nadilah Salma

Wakil Sekretaris Jendral

M Fajaru Amin

Staff Ahli

Nelfia Rosa

Kepala Biro Admin

Khadijah Qurrata Ayun

Staff Biro Admin

Jurhati Raodatul Z

Staff Biro Admin

Mutia Mayang Sari

Kepala Biro Keuangan

Nurazizah Indriani

Staff Biro Keuangan

Alfriina Puspa Lambang

Staff Biro Keuangan

Dewan Pengawas Nasional

DPN Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

Irna Anggun Fatiqa

Koordinator

Laila Fitriani

Staff

Jusman Fiawan

Staff

Julian Sara Permata

Staff