[JKN X PEMBIAYAAN KESEHATAN]

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

[JKN X PEMBIAYAAN KESEHATAN]

[JKN X PEMBIAYAAN KESEHATAN]

Program Jaminan Kesehatan Nasional diselenggarakan berdasarkan prinsip asuransi sosial, dan prinsip ekuitas, yaitu kesamaan dalam memperoleh pelayanan sesuai dengan kebutuhan medis yang tidak terkait dengan besaran iuran yang telah dibayarkan. Prinsip ini diwujudkan dengan pembayaran iuran sebesar prosentase tertentu dari upah bagi yang memiliki penghasilan dan pemerintah membayakan iuran bagi mereka yang tidak mampu (fakir miskin). Proses pelayanan kesehatan tidak bisa dipisahkan dengan pembiayaan kesehatan.

Pembiayaan kesehatan yang kuat, stabil dan berkesinambungan memegang peranan yang amat vital untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam rangka mencapai berbagai tujuan penting dari pembangunan kesehatan di suatu negara. Direktorat Penelitian dan Pengembangan ISMKMI Nasional mengawal anggaran kesehatan dengan mengukur tingkat pengetahuan mahasiswa tentang anggaran kesehatan serta melihat seberapa jauh implementasi anggaran kesehatan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan fasilitas dan program pelayanan kesehatan.

Anggaran kesehatan juga erat kaitannya dengan JKN yang mana oleh pemerintah dijalankan lewat BPJS Kesehatan. JKN merupakan salah satu program dari pemerintah yang diharap mampu menciptakan Universal Health Coverage (UHC). Suatu negara yang telah mencapai UHC mendandakan bahwa seluruh warga negaranya telah mendapat pelayanan kesehatan yang baik. Sebagai salah satu kelompok masyarakat, mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk menjadi peserta JKN. Direktorat Penelitian dan Pengembangan ISMKMI Nasional mengawal serta menindaklanjuti isu dan implementasi dari Program JKN guna sebagai tolak ukur serta mengetahui cakupan penggunaan JKN pada mahasiswa.

#JKNxPembiayaanKes
#DirektoratLitbangISMKMINas
#ISMKMI
#ISMKMIDIGDAYA
#BerpaduBerdayaGunantukIndonesiaSehat
____________________________________________________________
DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
IKATAN SENAT MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *